Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

A. Kemampuan Sikap dan Tata Nilai (S)

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;Berkontribusi dalam  peningkatan  mutu  kehidupan  bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cintat anah air, memiliki
  4. nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat  dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B. Pengetahuan (P)

  1. Menguasai konsep teoritis budidaya (pembenihan, pendederan, dan pembesaran), prinsip-prinsip manajemen (wadah dan kualitas air).
  2. Menguasai  konsep  manajemen  usaha  akuakutur  mencakup  manajerial  dan pemasaran

C. Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dane valuasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung-jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung-jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D. Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu mengaplikasikan kegiatan akuakultur, meliputi pembenihan, pendederan dan pembesaran komoditas ikan dan non ikan yang berwawasan lingkungan
  2. Mampu mengaplikasikan kegiatan penanganan panen, pasca panen sampai dengan pemasaran komoditas hasil akuakultur.
  3. Mampu mengindentifikasi kebutuhan nutrisi komoditas akuakultur, mengkultur pakan alami dan memformulasikan pakan buatan
  4. Mampu menerapkan prinsip kegiatan akuakultur yang baik dan benar (good aquaculture practices/GAP).
  5. Mampu mengidentifikasi, mendiagnosis serta menangani hama dan penyakit pada komoditas akuakultur
  6. Mampu mendesain sistem budidaya (ukuran, bentuk, pemilihan lokasi dan tata letak wadah)
  7. Mampu menganalisis kelayakan usaha dan risiko dalam kegiatan akuakultur
  8. Mampu menyampaikan informasi kegiatan akuakultur kepada masyarakat luas
  9. Mampu mengembangkan akuakultur komoditas ikan lokal


Kompetensi

A. Kompetensi Utama

  1. Mampu merancang dan melaksanakan usaha budidaya perairan untuk berbagai tipe perairan.
  2. Mampu mengembangkan praktik budidaya perairan, berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat, dengan metode yang tepat dan memanfaatkan IPTEKS yang terkait.
  3. Mampu beradaptasi dalam menghadapi masalah budidaya perairan dan memberi usulan penyelesaian berdasarkan data yang tersedia.
  4. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyusun solusi masalah budidaya perairan untuk klien individu, kelompok masyarakat, dan organisasi.
  5. Memiliki kemampuan belajar yang terstruktur untuk pengembangan diri, keilmuan, dan karir.
  6. Memiliki kemampuan berfikir (meta kognitif) dan mampu mengkomunikasikan hasil pemikirannya secara akademis dan etis.

B. Kompetensi Pendukung

  1. Kemampuan dalam berwirausaha khususnya dalam bidang budidaya perairan.
  2. Kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  3. Wawasan dan kepedulian terhadap kerberlanjuan ekosistem perairan perairan melalui kajian dampak lingkungan dari aktivitas budidaya perairan.
  4. Kemampuan dalam penerapan teknologi informasi berbasis data kelautan dan perikanan.
  5. Kapasitas kemandirian dalam kesehatan dan keselamatan kerja, baik di lingkungan laboratorium dan lapangan.

C. Kompetensi Lainnya

  1. Kemampuan dalam perencanaan spasial yang digunakan dalam kelayakan lokasi budidaya perairan.
  2. Wawasan dalam tindakan pencegahan menghadapi bencana alam mengingat kondisi Aceh yang rawan bencana, seperti gempa bumi, banjir dan tsunami.